Konsep Operasi Maritim Indonesia

Rp 127.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Salim
Available in: PDF
ISBN: 978-602-5583-03-2

Temukan di Google Play Buku

Konsep Operasi Maritim Indonesia memberikan gambaran bagaimana menyusun sebuah konsep operasi yang dipengaruhi oleh karakteristik geografi melalui pendekatan Daerah Operasi Maritim.

Pada setiap daerah operasi maritim diperlukan kapasitas, kemampuan dan kesiapan dari kekuatan laut yang akan digunakan. Pendekatan daerah operasi dikatagorikan sebagai Daerah Operasi Prioritas Tinggi (High Priority Area), Daerah Operasi Prioritas Sedang (Medium Priority Area), Daerah Operasi Prioritas Rendah (Low Priority Area) dan Daerah Operasi Khusus yang merupakan daerah operasi di luar yurisdiksi nasional yang berpengaruh bagi kepentingan nasional.

Konsep Operasi Maritim salah satunya dirancang untuk mewujudkan kekuatan laut yang seimbang dalam kapasitas, kemampuan dan kesiapan dengan susunan bertempur yang dibangun, dilengkapi, dilatih dan disiapkan dengan optimal sehingga mampu beroperasi dalam lingkungan maritim yang kompleks, menantang, cepat berubah dan tidak menentu. Kewajiban utama pimpinan dalam menyelenggarakan operasi maritim adalah manajemen kesiapan operasional.

Kesiapan operasional (Operational Readiness) dalam penyelenggaraan operasi maritim pada satuan satuan kekuatan laut ditentukan oleh tiga elemen yang membentuk formulasi kesiapan operasional yaitu kesiapan material (Material Readines), kesiapan personil (Personel Readiness) dan tingkat pelatihan (Operational Training). Langkah-langkah dalam menjabarkan misi maupun tugas, menganalisa lingkungan strategis maritim, menyusun konsep operasi, pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional serta penilaian defisit kemampuan (capability gap) maupun identifikasi risiko dan pengelolaannya merupakan contoh bagian dari Konsep Operasi Maritim Indonesia.

Shopping Cart
Scroll to Top