Lumbung Laut Papua

Rp 68.500

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Arif Giyanto
Available in: PDF
ISBN: 978-602-73748-8-1

Temukan di Google Play Buku

Wilayah Perairan Ekuator pasifik Barat dikenal mempunyai oseanografi sangat dinamis. Perairan wilayah ini merupakan persilangan (cross road) masa air dari bumi belahan selatan dan belahan belahan utara Samudera Pasifik, serta tempat pembentukan massa air Arliando dan Arus Sakal Khatulistiwa Utara.

Perairan tersebut dikenal mempunyai suhu permukaan laut paling hangat di dunia, yakni rata-rata sepanjang tahunnya lebih dari 29 derajat celcius, dengan tingkat presipitasi yang tinggi dibanding evaporasi.

Dikenal dengan sebutan ‘Kolam Hangat’ Perairan Ekuator Pasifik Barat menyuplai bagian terbesar produksi tuna dunia, yakni lebih dari 1,5 juta ton per tahun di Samudera Pasifik. Sekitar 40 persen jumlah tangkapan tuna dunia dihasilkan dari sini.

Perairan Pasifik Barat memiliki arti penting dalam aspek ekonomi, budaya, dan keanekaragaman hayati laut, serta berkontribusi besar pada ketahanan pangan, baik skala regional maupun internasional.

Buku ini mengupas limpahan sumberdaya Laut Papua sebagai anugerah Tuhan yang luar biasa, agar dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan sebesar-besar kemakmuran rakyat. Tekad Poros Maritim Dunia oleh Presiden Joko Widodo menjadi tonggak penting perwujudan kedaulatan maritim Indonesia yang tidak dapat ditawar lagi.

Shopping Cart
Scroll to Top