Perlindungan Sosial Pekerja Anak

Rp 82.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Dr. Purwowibowo, M.S.i
Available in: PDF
ISBN: 9786027374898

Temukan di Google Play Buku

Pada 2015, Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi mencatat, sekitar 1,7 juta anak menjadi pekerja dibawah umur. Dari jumlah tersebut, diperkirakan terdapat 400 ribu pekerja anak yang terpaksa bekerja untuk pekerjaan-pekerjaan yang buruk dan berbahaya.

Pekerja anak banyak dijumpai di Sentra Industri Alas Kaki Cibaduyut Kota Bandung. Untuk memastikan jumlahnya, sangatlah sulit (hidden population). Mereka ada, tapi jumlahnya tidak mudah diperkirakan, karena tidak tercantum dalam statistik angkatan kerja dan sering tidak dilaporkan

Mereka adalah anak-anak yang bekerja pada usia sangat muda, yakni di bawah 12 tahun. Dari hasil baseline survey terungkap bahwa kondisi tempat dan proses produksi di Sentra Industri Alas Kaki Cibaduyut, sangatlah memprihatinkan, serta tidak layak bagi anak.

Kawasan Cibaduyut berulang kali mendapat program penghapusan pekerja anak. Program berusaha mengintervensi keberadaan pekerja anak, bahkan hingga mempunyai sekolah terbuka pekerja anak. Selain itu, layanan kesehatan serta bekal kreativitas seni dan olahraga.

Meski demikian, bantuan sosial, advokasi sosial, dan bantuan hukum bagi pekerja anak belum dapat dilakukan secara efektif, komprehensif, serta berkelanjutan.

Buku ini membahas pelaksanaan perlindungan sosial pekerja anak di Sentra Industri Alas Kaki Cibaduyut Kota Bandung. Pelaksanaan perlindungan sosial bagi pekerja anak merupakan tindakan membantu dan memberi kesempatan yang sama bagi anak menumbuhkan potensi dan kehidupan dan kehidupan yanh sehat, bahahia, serta produktif.

Shopping Cart
Scroll to Top