Prediksi Risiko Investasi Saham

Rp 79.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Arif Giyanto
Available in: PDF
ISBN: 978-602-14113-6-0

Temukan di Google Play Buku

Ini buku bagus yang ditulis oleh penulis bagus. Buku ini wajib dibaca oleh para investor, konsultan investasi, pengajar mata kuliah keuangan, dan mahasiswa. Segera beli, baca dan buktikan manfaatnya. Tetap semangat berkarya dan salam sukses selalu!

Agung W. Kurniawan – Universitas Negeri Makassar

Dalam berinvestasi, masyarakat hendaknya tidak hanya tergiur keuntungan (return) yang bakal diterima. Sebab, di balikkeuntungan ada risiko (risk) kerugian (loss) yang bisa ditimbulkan. Risiko dan keuntungan adalah dua hal yang tipis sekali batasnya.Keduanya merupakan komponen yang melekat erat pada setiap jenis investasi. Semakin besar potensi keuntungan, pada umumnya semakin besar pula risiko yang ditimbulkan. Begitu pula denganinvestasi saham, jenis investasi ini menjanjikan hasil sekaligus risiko yang besar (high-risk and high-return). Karena itu, mengelola risiko investasi saham menjadi kata kunci untuk memperoleh keuntungan. Para investor yang sukses berinvestasi saham, tentu bukanlah mereka yang berani mengambil risiko menanggung kerugian. Sebaliknya, mereka adalah orang-orang yang berhasil dengan cermat mengelola risiko untuk mengubahnya menjadi keuntungan. Memahami risiko investasi menjadi satu keharusan terutama bagi mereka yang menjadikan saham sebagai instrumen investasinya. Buku ini dapat dijadikan salah satu panduan dan saya sangat merekomendasikan kepada semua kalangan untuk membacanya dan utamanya bagi mereka yang hendak dan yang sedang berinvestasi saham. Semoga sukses!

Dr. Puji Wahono, M.Si. – Pengajar Manajemen & Kewirausahaan

Jadilah pakar saham bagi diri Anda sendiri! Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Perlu kerja keras untuk mempelajari analisa dan perilaku pasar sehingga kita dapat menganalisa dengan baik.

Investasi dalam saham sifatnya high risk. Buku ini membahas tentang analisis faktor fundamental yang menjadi prioritas pertimbangan keputusan investasi saham, tentu sangat bermanfaat bagi perkembangan pasar modal di Indonesia yang sedang menuju pendewasaan pelaku pasar –baik dari sudut pandang akademisi maupun praktisi-. Selamat saya ucapkan kepada penulis, sukses selalu!

Dr. Akhmad Toha, M.Si. – Dosen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Jember

Investor rasional diperlukan untuk menghindari perdagangan yang hanya bersifat spekulatif, karena investor yang tidak fokus dan cenderung emosional akan sangat rentan mengambil keputusan investasi yang buruk. Investor seharusnya menyadari adanya trade-off antara keuntungan dan risiko investasi. Membaca buku

ini, membuat pembaca memahami informasi tentang risiko investasi saham, juga hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh investor rasional. Buku ini tidak hanya menjadi sumber bacaan untuk para investor, tetapi juga bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat baik yang ingin menjadi investor saham maupun mereka yang sekedar ingin mengetahui bagaimana sesungguhnya investasi saham bisa menunjang kehidupan kita secara fi nansial. Terima kasih, karya ini memotivasi saya untuk tetap semangat belajar.

Shindy Inma, S.AB – Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember

Dalam masyarakat modern dan global, persaingan dan tantangan dalam berinvestasi semakin kuat dan memerlukan perhitungan yang sangat mendalam, karena risiko yang di hadapi juga semakin tinggi. Namun demikian, bukan berarti risiko ini tidak bisa diantisipasi. Buku ini mengupas pentingnya prediksi tingkat risiko dalam berinvestasi, sehingga dapat menekan tingkat kerugian perusahaan yang akan terjadi. Dengan membaca buku ini akan diperoleh pemahaman yang lebih luas mengenai manfaat informasi akuntansi untuk memprediksi risiko investasi saham.Sangat bermanfaat bagi Anda yang berminat dan tertarik menjadi investor.

Budhy Santoso , M.Si. (doctoral candidate) – Dosen FISIP Universitas Jember

Jika ingin mempertahankan kekayaan, menabunglah. Jika ingin menambah kekayaan, berinvestasilah. Namun demikian, jangan mengabaikan risiko dalam berinvestasi. Buku ini sangat menarik dan wajib dibaca, terutama untuk investor dan calon investor,mahasiswa dan dosen akuntansi keuangan, serta pelaku pasar saham lainnya. Buku ini adalah karya yang membuktikan manfaat informasi akuntansi untuk memprediksi risiko investasi saham berdasarkan pendekatan decision usefulness. Bahwa prediksi risiko investasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan informasi akuntansi yang tersaji dalam laporan keuangan.

Dr. Djoko Poernomo, M.Si. – Dosen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Jember

Memahami risiko investasi saham berguna bagi para (calon) investor untuk mengambil keputusan yang rasional. Jika kita menyadari risiko yang akan ditanggung dalam kegiatan investasi, maka kita pasti akan mempersiapkan secara sunguh-sungguh untuk menghadapinya. Buku ini memperkaya pengetahuan kita akan pentingnya analisis fundamental dalam pengambilan keputusan investasi saham. Buku ini wajib dibaca bukan hanya oleh para (calon) investor dan akademisi, tapi juga oleh semua orang. Best wishes bu Zarah!!

Puri Rustianingtyas, S.Sos. – Mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember

 

Pasar modal Indonesia mengalami pasang surut sejak kelahirannya di era Orde Baru tahun 1977. Berbagai peristiwa telah mewarnai perkembangan pasar modal Indonesia. Krisis multidimensi di tahun 1997-1998 dan krisis keuangan global di tahun 2007-2008 telah membuat pasar modal Indonesia jatuh dan jumlah uang investor yang harus hilang sangat besar. Kenyataan ini seakan menjadi saksi bahwa betapa rentannya pasar modal atas berbagai peristiwa dan mempertegas bahwa risiko berinvestasi pada saham memang tinggi. Investasi pada saham memang berisiko.

Sumber risiko investasi pada saham bermacam-macam, baik yang berasal dari sisi internal maupun dari sisi eksternal. Literatur yang ada menunjukkan bahwa risiko investasi saham dapat dibedakan menjadi dua, yaitu risiko sistematik (systematic risk) dan risiko non-sistematik (non-systematic risk). Risiko sistematik merupakan risiko yang berkaitan dengan faktor eksternal, sedangkan risiko non-sistematik berkaitan dengan faktor internal. Mengingat tingginya risiko investasi pada saham, investor harus mampu mengetahui sejauh mana risiko yang melekat pada masing-masing saham sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan aksi beli atau jual.

Kata Pengantar

Buku, dengan judul Prediksi Risiko Investasi Saham: Decision Usefulness Approach ini mencoba mengangkat isu yang berkaitan dengan risiko dalam berinvestasi pada saham di Bursa Efek Indonesia. Secara lebih khusus, buku ini mengangkat isu faktor-faktor penentu return saham dengan penekanan pada faktor akuntansi. Dengan kata lain, buku ini sebenarnya merupakan salah satu buku yang mengangkat isu kemampuan faktor-faktor fundamental dalam menjelaskan variasi return atau imbal hasil saham dengan sampel penelitian adalah perusahaan yang tergolong ke dalam sektor real-estate dan property yang listed di Bursa Efek Indonesia.

Publikasi buku yang berbasis pada hasil penelitian yang berbentuk buku teks atau buku referensi relatif masih jarang di Indonesia. Buku ini diharapkan mampu mengisi kekosongan tersebut. Buku ini murni berbasis empiris dengan kajian yang cukup komprehensif khususnya terkait dengan sumber referensi yang digunakan, dimana penulis mampu mengkombinasikan sumber referensi berbasis publikasi artikel di jurnal dan sumber referensi lain.

Hal ini menunjukkan kematangan akademik penulis.Buku ini memiliki beberapa hal yang menarik untuk dikomentari. Pertama, buku ini ditulis dengan gaya bahasa akademik dengan berbagai istilah statistik yang kental, dimana pembaca akan banyak menemui beberapa istilah statistik, seperti signifi kan, tingkat signifi kansi, pengaruh, atau hipotesis.

Saya yakin, gaya bahasa seperti ini akan membantu mahasiswa atau akademisi dalam memahami pola penulisan berbasis penelitian. Kedua, penulis menyajikan kajian atau telaah (review) atas literatur atau bukti empiris dengan urutan yang cukup sistematis. Pembaca akan dapat mengerti gaya penulisan yang bisa jadi berbeda dengan gaya penulisan lain.

Ketiga, buku ini disusun dengan format kajian teori, lalu kajian empiris, diikuti oleh pengembangan hipotesis, selanjutnya hasil empiris penelitian, dan diakhiri dengan epilog. Pola penulisan seperti akan memudahkan pembaca untuk memahami alur uraian buku tersebut.

Saya yakin bahwa buku ini akan mampu menambah khasanah percaturan buku-buku berbasis penelitian empiris di Indonesia. Para akademisi tentu akan mendapatkan banyak manfaat dengan membaca buku ini. Selain itu, buku ini juga memiliki potensi untuk dijadikan sebagai salah satu bahan referensi bagi calon investor yang percaya pada kemampuan besaran angka-angka akuntansi dalam menjelaskan variasi return saham.

Saya harus mengucapkan selamat kepada penulis yang telah mampu meramu hasil penelitian empiris menjadi sebuah buku yang tentunya akan bermanfaat bagi banyak pihak, misalnya mahasiswa, dosen, praktisi, bahkan regulator. Semoga buku ini merupakan langkah awal untuk ditulisnya buku-buku yang lain.

Prof. Tatang Ary Gumanti, M.Buss, Ph.D – Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Shopping Cart
Scroll to Top