Strategi Bertahan Hidup Buruh Tani Perempuan

Rp 105.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Arif Giyanto
Available in: PDF
ISBN: 978-602-14113-1-5

Temukan di Google Play Buku

Hampir sebagian besar penelitian tentang petani selalu identik dengan kemiskinan, apalagi ketika konsep petani dikaitkan konsep buruh, maka semakin lengkaplah konsep kemiskinan itu dengan buruh tani.

Sampai saat ini penelitian tentang masyarakat desa dan petani sudah banyak dilakukan, namun masih relatif sedikit yang menyentuh persoalan kaum perempuan sebagai buruh tani yang paling merasakan tanggung jawab dalam mengelola ekonomi keluarganya.

Buku yang ditulis oleh Dr. Nur Dyah Gianawati, M.A. ini merupakan hasil penelitian lapangan yang mengungkap tentang perjuangan para buruh tani perempuan yang berstatus istri dan sekaligus berkontribusi pada keluarganya.

Mengubah hasil penelitian menjadi sebuah buku yang menarik dan runtut diperlukan suatu kreativitas dan tidak mudah. Karena itu usaha ini perlu diapresiasi dan didukung berbagai pihak. Sebagai seorang dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial yang banyak bersentuhan dengan teori-teori sosiologi, penulis berusaha mengungkapkan bagaimana strategi bertahan hidup dari para kaum marginal ini dalam menyelamatkan keluarganya.

Hasil penelitian di Kabupaten Jember yang memiliki karakteristik masyarakat unik, karena terbelah oleh dua etnis dominan, yaitu Madura dan Jawa. Kabupaten Jember tempat berpadunya berbagai etnis yang semula didatangkan sebagai pekerja perkebunan di zaman Belanda ini ternyata mampu memilah kedua etnis besar ini secara geografis antara wilayah utara dan selatan; antara wilayah pegunungan dan dataran rendah; antara lahan kering dan lahan basah (persawahan).

Temuan penelitian menggambarkan bahwa dua karakteristik yang berbeda memiliki kecenderungan kearifan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Namun, satu hal yang patut dicermati adalah kegigihan mereka untuk bisa bertahan hidup dengan ukuran kesejahteraan masing-masing.

Tentu saja hasil penelitian yang berwawasan gender ini akan mengundang akademisi untuk melihat lebih dalam karakteristik lain yang mungkin saling berkaitan. Sebagai komparasi terhadap penelitian-penelitian pedesaan sebelumnya, buku ini perlu disimak lebih dalam dan mampu menyemangati para peneliti sosiologi.

Semoga materi dalam buku ini dapat memberikan inspirasi bagi peneliti yang lain untuk terus menggali berbagai informasi yang lebih dalam tentang kehidupan masyarakat tani di pedesaan.

Shopping Cart
Scroll to Top