Suku Laut Pulau Bertam

Rp 102.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Arif Giyanto
Available in: PDF
ISBN: 978-602-14113-3-9

Temukan di Google Play Buku

Suku laut (Sea Nomads) Pulau Bertam kota Batam adalah salah satu dari sekian banyak komunitas adat di Nusantara. Habitat serta tempat pembentukan lingkungan sosial dan budaya Suku Laut adalah laut. Mereka hidup menyebar di wilayah Batam, serta di sekitar Selat Malaka, Selat Philip, Selat Singapura, dan Laut Tiongkok Selatan.

Pemerintah kemudian turun tangan dalam bentuk Program Pemberdayaan Komunitas Suku Laut. Salah satu outputnya, Suku Laut dapat bermukim secara permanen di Pulau Bertam Kota Batam.

Kebijakan penempatan permanen untuk kesejahteraan suku Laut tidak lantas mengesampaikan aspek survival mereka yang telah mendarah daging. karena berdasarkan sejarah, Suku Laut termasuk bangsa maju (neolithicum) dan bagian dari kebudayaan batu besar (megalithicum) yang membawa adat istiadat serta budaya khas turun-temurun.

kemampuan navigasi Suku Laut sebagai pengetahuan mereka hidup survive nomaden mengitari lautan sangatlah menakjubkan. Artinya, pemberdayaan yang ditunjukan pada Suku Laut juga memperhatikan potensi mereka.

Beruntung, penulis buku adalah seorang pakar dalam bidangnya. Tingkat kesulitan yang dihadapi justru melahirkan karya monumental dan layak dijadikan referensi stakeholders atau peneliti selanjutnya.

Buku tentang Suku Laut Pulau Bertam yang ada di tangan Anda kali ini dapat dianggap representasi sebuah dedikasi keutuhan NKRI dengan memperjuangkan hak semua warga negara, hingga daerah terpencil. Semoga berguna.

Shopping Cart
Scroll to Top