The Spearhead of Sea Power

Rp 110.000

Publisher: Pandiva Buku
Editor: Lailla Khusnul Khotimah
Available in: PDF
ISBN: 978-602-5583-07-0

Temukan di Google Play Buku

Hydrography much more than just a nautical chart. Hydrography is the key of the economy gates and the spearhead of national maritime defense of the state.

Cita-cita mewujudkan Negara Maritim dalam visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia hampir melewati lima tahun pertamanya. Berbagai tantangan muncul, karena sekian waktu sebelumnya, kebijakan nasional Indonesia lebih berbasis pada daratan daripada lautan.

Aneka rupa tantangan dalam Tujuh Pilar Poros Maritim Dunia menyisakan persoalan serius tentang kurangnya apresiasi para pemangku kepentingan terhadap arti penting hidrografi. Selama ini, hidrografi dianggap sebelah mata, karena jamak dipahami, hanya merupakan peta laut.

Pada kenyataannya, Tujuh Pilar Poros Maritim Dunia mustahil terlaksana tanpa peran hidrografi. Data hidrografi yang mutakhir, akurat, terpercaya, dan modern dibutuhkan dalam setiap kebijakan pembangunan kemaritiman.

Beberapa tahun terakhir, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) berikhtiar menjadi Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan Terbaik di Dunia. Secara strategis, dengan hidrografi, Pushidrosal bertekad menjadi ujung tombak visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Tugas mulia ini hanya dapat diemban oleh pribadi-pribadi takwa dalam ampuan kepemimpinan yang berorientasi akhirat, yakni kepemimpinan robbani. Keikhlasan menerima takdir Allah Ta’ala serta ikhtiar meraih kemanfaatan yang istiqamah, beriring rasa bersyukur yang terus-menerus, dapat berimplikasi pada kepemimpinan yang kuat.

Indonesia dapat tumbuh dan tegak berdiri sebagai bangsa yang kuat, makmur, dan bermartabat dengan religiusitas yang terjaga. Dengan berjamaah, tugas seberat apa pun, tidak lagi terasa berat. Alhamdulillah, kita sedang melakukan ‘syiar’ kebaikan.

Shopping Cart
Scroll to Top