Haris Djoko Nugroho

Lahir di Jepara, merupakan putra ke-4 dari pasangan (Alm) MS. Soeharsono dan (Almh) Hasimah. Pe nulis lahir dan besar di Jepara hingga tamat Sekolah Menengah Atas (SMA). Selesai SMA tahun 1984, penulis melanjutkan pendidikan sarjananya di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pada saat kuliah, penulis memantapkan tekadnya bergabung dengan TNI AL melalui Jalur SEPAMILSUK ABRI I tahun 1988 dengan Pangkat Perwira Pertama. Penulis lantas meneruskan kuliahnya hingga lulus S1. Di sela-sela penugasan, penulis melanjutkan pendidikan formalnya pada Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Pesisir IPB Bogor serta menyelesaikan program Doktor Ilmu Manajemen SDM UNJ Jakarta.

Karier militer penulis dimulai ketika penugasan di Mabes TNI Tahun 1988, sebagai Perwira di Dishidros TNI AL (sekarang Pushidros TNI AL) dengan berbagai penugasan yang menjadikan penulis sebagai surveyor hidrografi bidang kelautan. Selanjutnya, tour of area ke Ditwilhan di Ditjen Strahan Kemenhan RI dengan jabatan di bidang kebijakan perbatasan Laut, darat dan Udara. Pada tahun 2016, kembali bertugas di Pushidros TNI AL, sampai dengan sekarang.

Pengalaman lain penulis adalah pernah aktif menjadi anggota Tim Teknis perundingan batas laut dan batas darat Republik Indonesia dengan negara tetangga pada tahun 2008-2016, serta beberapa kali menjadi narasumber dan pembicara pada kuliah umum dan seminar berkaitan dengan bidang hidrografi, pengelolaan pesisir, dan pulau kecil terluar, serta penetapan batas laut RI dengan negara tetangga.

Shopping Cart
Scroll to Top